‘Dharma Nyi Endang Darma’, Dedikasi Pemimpin Perempuan Membangun Daerahnya

DISKOMINFO INDRAMAYUPadukuhan Cimanuk menjadi maju dengan andilnya Nyi Endang Darma Ayu hingga padukuhan ini menjadi Darma Ayu Nagari.

Dharma Nyi Endang Darma merupakan sebuah versi dengan tafsir bebas. Kisah yang di ambil dari lakon Babad Dermayu ini menceritakan tentang Raden Arya Wiralodra membuka hutan di tepi Sungai Cimanuk dan membangun sebuah padukuhan yang dikemudian hari Padukuhan Cimanuk menjadi demikian maju dengan andilnya Nyi Endang Darma Ayu hingga padukuhan ini menjadi Darma Ayu Nagari.

Waktu terus berjalan pembangunan terus berkembang, zaman tahap demi tahap semakin maju demikian pula yang terjadi di Padukuhan Cimanuk yang kemudian berkembang menjadi sebuah kota yang terus berupaya membenahi dan mempercantik diri dengan pembangunan di berbagai bidang.

Potongan cerita tersebut merupakan sinopsis dari Pagelaran Tari Kolosal ‘Dharma Nyi Endang Darma’ yang merupakan pementasan dalam rangkaian Hari Jadi Ke-496 Kabupaten Indramayu yang digelar di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu, Sabtu malam (7/10/2023).

Pagelaran yang disutradarai Candra N Pangeran ini sangat menyita ribuan penonton yang hadir langsung, apalagi Bupati Indramayu Nina Agustina tampil untuk menari bersama dengan pengisi acara pada pagelaran itu di bawah arahan koreografer Iing Sayuti.

Di akhir cerita, Raden Arya Wiralodra yang diperankan Teguh Budiarso (Kasat Pol PP dan Damkar) menyerahkan estafet kepemimpinan Darma Ayu Nagari kepada Nyi Endang Darma. (Aa Deni/Diskominfo)

TERBARU

Red and White Breaking News Instagram Post (8)
D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
Scroll to Top