TMMD Desa Cikawung, Bangun Desa Dalam Waktu 30 Hari

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2023 dilaksanakan di Desa Cikawung Kecamatan Terisi. Selama 30 hari, desa tersebut disulap dengan percepatan pembangunan fisik dan non fisik secara lintas sektoral.

TMMD tahun 2023 ini mengangkat tema ‘Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat’.

Bertempat di lapangan sepak bola Desa Cikawung, Penjabat Sekda Kabupaten Indramayu, Aep Surahman secara resmi membuka kegiatan yang akan berlangsung selama satu bulan tersebut, Rabu (20/9/2023).

Acara pembukaan ditandai dengan penyerahan alat kerja serta penandatanganan dan penyerahan berita acara sasaran program TMMD tahun 2023 dari Bupati Indramayu melalui Penjabat Sekda kepada Dandim 0616/Indramayu, Letkol Arm Andang Radianto SAP.

Hadir dan menyaksikan, Kapoksahli Pangdam III/SLW Brigjen TNI Kuat Budiman, Komandan Korem 063/SGJ, Kolonel Inf Andi Asmara Dewa. Jajaran Forkopimda Indramayu beserta kepala SKPD, pimpinan BUMN/BUMD, Forkopimcam Terisi serta para kepala UPTD/B dan Kuwu se-Kecamatan Terisi.

Dalam acara itu pula diserahkan bantuan sebesar Rp500 juta dari Pemprov Jabar kepada Pemkab Indramayu. Kemudian pemberian bantuan sosial kepada para veteran, jompo serta kaum dhuafa. Kemudian dilaksanakan peninjauan stan pelayanan umum dan UMKM serta lokasi sasaran TMMD.

Dalam laporannya, Dandim 0616/Indramayu sekaligus Dansatgas TMMD, Letkol Arm Andang Radianto menyebutkan, kegiatan TMMD serta Karya Bhakti dilaksanakan selama 30 hari sampai dengan 19 Oktober 2023 mendatang.

Personil yang dilibatkan yakni 150 anggota TNI dibantu unsur pendukung dari masyarakat, wanra, pemdes dan KBT sejumlah 100 orang.

“Sasaran TMMD ini terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik terbagi menjadi dua sasaran, yakni sasaran pokok dan sasaran tambahan,” kata dia.

Sasaran pokok antara lain berupa pembangunan jalan beton, jalan hotmix, TPT sampai pembangunan drainase. Sementara untuk sasaran tambahan yaitu diantaranya pembangunan Poskamling, PJU, tempat sampah, rutilahu dan pembuatan MCK.

Sedangkan kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan berupa rehab gedung SMPN 4 Terisi.

Andang Radianto menambahkan sasaran non fisik diakomodir oleh SKPD terkait yang ada di jajaran Pemda Indramayu terdiri dari 13 sasaran. Diantaranya bantuan bibit tanaman holtikultura, sarana olahraga, benih ikan hingga beragam pelatihan dan penyuluhan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini melibatkan semua lintas sektoral. Wujud kemanunggalan TNI dan rakyat. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, infrastruktur meningkat dan bersinerginya semua elemen untuk membangun Kabupaten Indramayu,” terangnya.

Sementara itu Bupati Indramayu, Nina Agustina dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekda Kabupaten Indramayu Aep Surahman memberikan apresiasi atas terselenggaranya TMMD di Desa Cikawung.

Dijelaskan, program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral yang dilaksanakan secara gotong-royong bukan hanya domain dari TNI saja.

Karena itu, Bupati Nina Agustina berpesan, agar dalam pelaksanaannya semua stakeholder mulai dari jajaran TNI, Pemda, Muspika, Kuwu, perangkat desa dan elemen masyarakat agar dapat bersinergi bersama-sama membangun desa.

“Pelaksanaan program TMMD tahun 2023 ini merupakan bagian sinergitas dan kolaborasi semua stakeholder dalam berpartisipasi mewujudkan Indramayu yang bersih, religius, maju, adil, makmur dan hebat atau Indramayu Bermartabat,” tandasnya. (Aa Deni/Diskominfo)

TERBARU

Red and White Breaking News Instagram Post (8)
D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
Scroll to Top