Sentuhan Srikandi Pantura Untuk Prestasi Olahraga Indramayu

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Berkat sentuhan ‘Srikandi Pantura’ Nina Agustina, Kabupaten Indramayu terus melaksanakan tata kelola pemerintahan yang makin baik melalui penerapan good governance dan clean government sebagai ikhtiar mewujudkan Visi Indramayu Bermartabat yaitu Indramayu yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat.

Atas keseriusan itu, berbagai prestasi berhasil ditorehkan diantaranya Manggala Karya Kencana, Satyalancana Wira Karya, Adhikarya Pratama Pembangunan Pertanian, dan terbaru Bupati Indramayu Nina Agustina segera menerima penghargaan sebagai Pembina Olahraga dari Menteri Pemuda dan Olahraga.

Pemberian penghargaan sebagai Pembina Olahraga kepada Bupati Indramayu Nina Agustina akan diserahkan pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XL tanggal 9 September 2023 di Jakarta International Velodrome oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, Trinani Rochaeningsih memaparkan, dalam melaksanakan Visi Indramayu Bermartabat salah satu bidang yang menjadi Program Prioritas Pemkab Indramayu yakni bidang olahraga. Keseriusan itu dibuktikan dengan program dan kegiatan pembangunan prasarana olahraga, pembangunan lapangan bola, dan pendirian Sekolah Sepak Bola (SSB) serta pemberdayaan minat dan bakat melalui kompetisi olahraga.

Bupati Nina Agustina juga komitmen dalam pembangunan sarana olahraga di Kabupaten Indramayu sebagai faktor pendukung dan proses pembinaan dan pelatihan.

Pada tahun 2021 lalu, telah dilakukan pembangunan dan rehab gedung PABBSI, rehab lapangan GOR Darma Ayu, rehab lapangan voli pasir, rehab toilet umum area Sport Center, pemasangan high mast area lintasan atletik, lintasan balap, dan area GOR Singalodra.

Selanjutnya pada tahun 2022, lanjut Trinani, telah dilakukan pembangunan 1 GOR Serbaguna, 4 lapangan futsal, 4 lapangan sepakbola, dan 3 lapangan bola voli. Kemudian pembangunan sarana olahraga dilanjutkan pada tahun 2023 ini dengan dibangun 11 lapangan voli, 1 lapangan panahan dan pengadaan 10 meja tenis yang dibangun di desa-desa di Kabupaten Indramayu agar bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Melalui kebijakannya, Bupati Indramayu Nina Agustina juga telah menggelontorkan anggaran untuk dana pembinaan olahraga kepada KONI, NPCI, dan juga KORMI yang jumlah setiap tahunnya sangat fantastis. Dana pembinaan olahraga ini harapannya bisa mendongkrak prestasi olahraga Kabupaten Indramayu baik event lokal, provinsi, maupun nasional.

Trinani menambahkan, yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indramayu saat ini adalah kegiatan Senam Sehat Bermartabat yang dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi secara serentak di semua kecamatan dan desa-desa seluruh Kabupaten Indramayu.

“Kehadiran orang nomor satu di Indramayu menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat dalam Senam Sehat Bermartabat tersebut,” kata Trinani, Jum’at (8/9/2023).

Kabupaten Indramayu juga pernah mendapatkan penghargaan dari Kemenpora pada kegiatan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) sebagai peserta terbanyak dengan melibatkan para pelajar di Kabupaten Indramayu.

Selanjutnya, Pemkab Indramayu di bawah arahan Nina Agustina juga terus melakukan pembinaan pengembangan dan pelatihan olahraga pelajar melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar Daerah (PPLPD) sebanyak 13 cabang olahraga yakni atletik, voli pasir, tinju, tarung drajat, kempo, judo, gulat, taekwondo, angkat besi, dayung, karate, silat, dan renang.

Kepedulian juga ditunjukan dengan adanya pemberian bantuan kepada organisasi masyarakat, klub olahraga, dan penggiat olahraga berupa sarana olahraga seperti bola voli, bola sepak, meja tenis, raket bulutangkis, net voli, net bulutangkis, dan lainnya.

Kabupaten Indramayu juga aktif dalam pengiriman kontingen untuk mengikuti single event maupun multievent baik olahraga prestasi, olahraga pendidikan, olahraga masyarakat, olahraga keterbatasan, maupun olahraga pegawai negeri sipil mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional.

“Sebagai ungkapan terima kasih atas prestasi yang ditorehkan oleh para atlet dan pelatih, Bupati Indramayu Nina Agustina juga memberikan apresiasi dan penghargaan paska mengikuti event pertandingan kepada yang berprestasi,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Indramayu, Trisula Baedi mengatakan, prestasi Indramayu naik dari rangking 18 pada Porda 13 tahun 2018 meningkat menjadi ranking 14 pada Porda 14 tahun 2023 ini.

Dengan masuknya bidang olahraga dalam Program Unggulan Pemkab Indramayu di bawah kepemimpinan Srikandi Pantura Nina Agustina, diharapkan bidang olahraga menjadi bidang yang dapat mengangkat prestasi Kabupaten Indramayu di kancah nasional dan internasional. Dengan demikian, Indramayu Bermartabat Indramayu yang bersih, religius, maju, adil, makmur, dan hebat dapat diwujudkan. (Aa Deni/Diskominfo)

TERBARU

D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
IMG-20231009-WA0001
Bonsai Cantik dan Artistik Tersaji di Stan PPBI
Scroll to Top