Puncak HUT Pramuka, Wujudkan SDM Profesional dan Berwawasan Kebangsaan

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Anggota Gerakan Pramuka dituntut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang lebih profesional. Selain itu dituntut pula memiliki Wawasan Kebangsaan untuk mewujudkan semangat nasionalisme.

Hal tersebut ditegaskan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman ketika menjadi Inspektur Upacara pada Apel Besar Puncak Peringatan HUT Pramuka ke-62 tahun 2023 di lapangan bola Desa Sumuradem Kecamatan Sukra, Rabu (13/9/2023).

Peningkatan SDM dan wawasan kebangsaan mutlak dilakukan, hal ini dikarenakan untuk mencermati kondisi SDM yang ada sekarang ini masih jauh dari yang diharapkan.

Di samping itu, Wawasan Kebangsaan Juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara; terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, maka persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

Aep menambahkan, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya mash sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

“Untuk itu saya berharap bahwa kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan Kualitas Gugus Depan yang berada di wilayah masing-masing,” harap Aep.

Saat ini juga tengah dilakukan perbaikan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

“Harapan kita agar melalui perbaikan Undang-Undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan Gerakan Pramuka makin berdaya guna dan berhasil guna,” katanya.

Pada Apel Besar tersebut ditampilkan tari Tclosedg Kelana oleh 240 pelajar, parade semaphore, karate taekwondo dan pencak silat kolosal, serta penampilan lainnya.

Kesempatan itu juga disematkan Tanda Penghargaan Orang Dewasa Darmabakti, Pancawarsa, dan Penggalang Garuda. (Aa Deni/Diskominfo)

TERBARU

D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
IMG-20231009-WA0001
Bonsai Cantik dan Artistik Tersaji di Stan PPBI
Scroll to Top