Pemkab Indramayu dan Elnusa Gelar Penanaman Pohon dan Bersih Pantai

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Indramayu mempunyai potensi dan panjang pantai 147 kilometer. Dengan potensi tersebut diperlukan adanya komitmen untuk menjaga, melestarikan, menanggulangi dan mengantisipasi abrasi pantai yang menjadi ancaman saat ini.

Saat ini diperlukan adanya kebijakan dan system penahan ombak (breakwater) buatan dan menggunakan bantuan alam yakni dengan penanaman pohon disepanjang pantai. Berkaitan dengan hal tersebut PT. Elnusa Tbk. bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu mengadakan kegiatan konservasi di Pantai Dadap Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Rabu (06/09/2023).

Kegiatan yang dinamakan “Elnusa Green Action and Cleaning Ocean” tersebut merupakan program CSR PT. Elnusa serta rangkaian perayaan hari ulang tahun PT. Elnusa yang ke-54. Dalam acara tersebut dilakukan penanaman bibit pohon Cemara Udang sebanyak 100 pohon di dua tempat yakni 30 pohon di Pantai Dadap dan 70 pohon di Desa Mundu, Kecamatan Karangampel.

CSR Officer PT. Elnusa Ardhian Iskandar mengatakan, pihaknya berkomitmen secara konsisten untuk terus berkontribusi dalam development program yaitu mendukung dan berkomitmen pada aplikasi SDGs yaitu energi bersih dan terjangkau, penanganan perubahan iklim serta menjaga ekosistem laut dan menjaga ekosistem darat.

Tujuan dari acara ini adalah memberi nilai tambah yang optimal bagi pemangku kepentingan, menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan menjaga ekosistem laut serta memberikan solusi yang komprehensif untuk kebersihan pantai di Indonesia, membangun hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan dengan pemerintah dan masyarakat, tetap menciptakan kolaboratif dengan membangun kerjasama yang sinergis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah hadir dalam mendukung acara ini, semoga diberikan kesehatan memiliki semangat yang tinggi dan memiliki tujuan yang sama dengan melakukan langkah kecil yang berawal dari diri sendiri untuk rating Indonesia dalam menyumbang penurunan sampah plastik,” ungkapnya.

Camat Juntinyuat Asep Kusdianti menyampaikan, pantai Indramayu harus dijaga dengan bersama-sama baik pemerintah, masyarakat serta pihak lain yang berkepentingan.

“Dengan adanya kegiatan penanaman bibit pohon cemara dan bersih pantai bersama PT. Elnusa ini semoga Pantai Dadap dapat tertata dengan baik, indah dan terlindungi dari abrasi pantai sehingga dapat menarik masyarakat untuk mengunjungi pantai Dadap dengan demikian dapat juga berpengaruh meningkatkan ekonomi masyarakat dan diharapakan hal tersebut dapat turut serta dalam mewujudkan visi Indramayu Bermartabat,” kata Asep.

Asep mengharapkan kepada masyarakat dan pengelola Pantai Dadap setelah di tanami pohon cemara untuk menjaga dan memeliharanya dengan baik sehingga terawat dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat.

Kabid Tata Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu, Elly Sunarti menyampaikan, kegiatan ini sangat positif dalam kontribusi menjaga ekosistem dan kebersihan pantai serta memotivasi masyarakat untuk turut peduli dan bertanggungjawab dalam menjaga pantai dari abrasi laut.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada PT. Elnusa yang sudah mengadakan acara tersebut melalui program CSR perusahaan. (Teno/Diskominfo)

TERBARU

D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
IMG-20231009-WA0001
Bonsai Cantik dan Artistik Tersaji di Stan PPBI
Scroll to Top