Kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan, Layanan dan Bagi Perempuan Korban Trafficking

/ Tindak Pidana Perdagangan dilaksanakan pada hari Senin, 08 Nopember 2021 bertempat di Aula kantor Desa Temiyang Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu.
Kegiatan ini dibuka oleh H. Iman Sulaeman, ST., M.Pd selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Indramayu dan dihadiri sebanyak 40 siswa/siswi SMA/SMK se-Kecamatan Kroya, dengan narasumber dari Unit PPA Polres Indramayu
Maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi kepada siswa/siswi SMA/SMK ini untuk memberikan informasi, pemahaman, pengetahuan dan wawasan terkait trafficking / Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), sebagai pembekalan anak setelah lulus sekolah agar tidak mudah terpedaya pada janji janji para sponsor dalam mencari pekerjaan.
Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) menurut Undang Undang No.21 tahun 2007 Pasal 1 ayat (1), perdagangan orang adalah tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat walaupun memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain, untuk tujuan mengeksploitasi orang tersebut di wilayah negara Republik Indonesia.
Human trafficking ini merupakan bentuk kejahatan yang paling tidak disadari oleh korban. Modusnya seringkali bersembunyi di balik kondisi kesulitan ekonomi dan finansial dengan menawarkan pekerjaan yang dibutuhkan dan membuat korban tidak berkesempatan bersikap kritis terhadap pekerjaan yang ditawarkan karena terdesak untuk hanya berpikir tentang bagaimana melanjutkan hidup
Dampak utama dari Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) adalah kerugian yang dialami para korban berupa gangguan kesehatan, cacat fisik, terinfeksi HIV/AIDS, infeksi menular seksual, gangguan mental dan trauma berat bahkan dapat menyebabkan pula kematian.
Menurut Sekretaris DP3A Kabupaten Indramayu, H. IMAN SULAEMAN, ST, M. Pd., Kabupaten Indramayu merupakan Kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

TERBARU

D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
IMG-20231009-WA0001
Bonsai Cantik dan Artistik Tersaji di Stan PPBI
Scroll to Top