Kapolres Indramayu Meluncurkan Program “Polri Peduli Literasi Distribusi Buku”

DISKOMINFO INDRAMAYU – Sesuai Kepres Nomor 020/A1/VIII/1995 bahwa setiap tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjungan Perpustakaan, sebagai upaya dukungan terhadap kegiatan tersebut Kapolres Indramayu, M. Fahri Siregar bersama dengan pejabat utama Polres Indramayu dan Kabag SDM Polres, telah melepas dan mendistribusikan buku dalam rangka program “Polri Peduli Literasi Distribusi Buku Sampai Pelosok Nusantara.”

Kegiatan ini dilakukan di berbagai institusi pendidikan seperti TK, SD, SMP, SMA, pesantren, dan perpustakaan desa di wilayah hukum Polres Indramayu, Kamis (14/9/2023)

Program pendistribusian buku ini merupakan bagian dari inisiatif nasional yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di Kabupaten Indramayu.

Total 2.603 buku didistribusikan ke 36 lokasi yang menjadi sasaran yakni PAUD/TK, SD, SMP, SMA/SMK, Madrasah/Pesantren, dan Perpustakaan Desa di wilayah hukum Polres Indramayu.

“Kami dari Polres Indramayu bersama Polsek jajaran secara serentak hari ini mendistribusikan 2.603 buku ke 36 lokasi. Ini merupakan kegiatan program Polri Peduli Budaya Literasi, dengan cara pendistribusian buku-buku,” kata Kapolres Indramayu, M. Fahri Siregar.

Menurut Fahri, data dari UNESCO menunjukkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, dengan perbandingan hanya 1.000:1, yang berarti hanya satu dari 1.000 orang yang memiliki minat baca di Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan minat baca sangat diperlukan, terutama di Kabupaten Indramayu.

Fahri berharap dengan pendistribusian buku ini, minat baca masyarakat terutama pelajar akan meningkat. Dia juga menekankan pentingnya membaca dalam meningkatkan pengetahuan.

“Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, kita seperti membuka jendela dunia,” kata Fahri.

Program yang dilakukan Polres Indramayu tersebut mendapat apresiasi dari para pendidik, Wakil Kepala Sekolah SDN 3 Karangsong, Selvy Sandryani, menyampaikan terima kasih atas perhatian Kapolres Indramayu dan jajarannya. Dia mengakui bahwa program-program membaca di sekolah sering kali terbatas pada buku pelajaran, yang bisa membuat anak-anak menjadi jenuh dan bosan.

“Dengan hadirnya buku-buku bacaan dari Polres Indramayu, diharapkan anak-anak akan lebih bersemangat untuk membaca,” kata Selvy.

Program “Polri Peduli Literasi Distribusi Buku” ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat baca masyarakat dan memperluas pengetahuan mereka. (Ril/Aa Deni/Diskominfo)

TERBARU

D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
IMG-20231009-WA0001
Bonsai Cantik dan Artistik Tersaji di Stan PPBI
Scroll to Top