Antisipasi Perubahan Iklim, Bupati Nina Secara Simbolis Tanam Ribuan Bibit Pohon Mangrove

DISKOMINFO INDRAMAYU — Memiliki panjang pantai 147 kilometer dengan ragam macam tempat wisata pantai yang dimiliki Kabupaten Indramayu sudah barang tentu keberadaanya perlu dijaga sebagai potensi alam untuk keberlangsungan ekonomi masyarakat dan biota laut didalamnya.

Salah satu langkah konkret yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) Balongan Indramayu dengan menggalakan penanaman bibit pohon mangrove untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim.

Penanaman bibit pohon mangrove secara simbolis dilakukan Bupati Indramayu Nina Agustina bersama jajaran PT. KPI Balongan Indramayu dan pejabat Pemkab Indramayu, di Gerbang Kawasan Pantai Tiris Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jum’at (1/9/2023).

Sebanyak 55.000 bibit pohon mangrove ditanam sebagai tindak lanjut hasil _studi project description_ penanaman vegetasi pesisir dalam kerangka _Biodiversity Action Plan_ (BAP) dan antisipasi perubahan iklim project Balongan, sekaligus dalam rangka Peningkatan Program _Evironmental Social Governance_ (ESG) Balongan.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengungkapkan, perubahan iklim dan pemanasan global berdampak pada semua sendi kehidupan, baik di daratan maupun di perairan. Sehingga jika tidak segera ditanggapi dengan bijak maka sangat mungkin akan menimbulkan kerugian, dan dikhawatirkan mengakibatkan terjadinya bencana seperti banjir, kekeringan yang ekstrim dan sebagainya.

“Untuk itu, upaya-upaya menjaga dan menanggulangi kerusakan lingkungan harus dilakukan bersama-sama, mulai dari elemen masyarakat, perusahaan dan pihak pihak lainnya. Alhamdulillah perwujudan upaya tersebut kita laksanakan hari ini dengan menanam mangrove di Pantai Tiris,” katanya.

Bupati Nina Agustina menambahkan, dengan penanaman bibit pohon mangrove selain untuk mengendalikan abrasi dan menyerap karbon, mangrove juga mendukung ekowisata, pariwisata di daerah, dan tentunya mampu mendukung ekonomi masyarakat.

Penanaman bibit pohon mangrove di Pantai Tiris yang dilakukan secara bersama-sama dari berbagai pihak terutama PT. KPI Balongan sebagai upaya kolaborasi dan kerjasama yang terjalin baik dalam mewujudkan Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Indramayu menyambut baik dan mendukung kegiatan ini serta mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah menginisiasi kegiatan tanam pohon mangrove di Pantai Tiris. Semoga selain di Pantai Tiris, akan ada pula penanaman-penanaman pohon mangrove di kawasan lain di Kabupaten Indramayu,” tambahnya.

Dengan demikian diharapkan, bibit pohon mangrove yang ditanam di Pantai Tiris dapat dirawat dan dijaga oleh masyarakat setempat, sehingga pantai di Desa Pabean Ilir ini aman dari abrasi, dan memberikan kesejahteraan untuk masyarakatnya. (MT/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

TERBARU

D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
IMG-20231009-WA0001
Bonsai Cantik dan Artistik Tersaji di Stan PPBI
Scroll to Top