5 Sektor Sasaran Evaluasi Pengawasan BPKP

 

DISKOMINFO INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu mengikuti pelaksanaan Entry Meeting Pengawasan yang digelar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat yang berlangsung secara daring di Indramayu Command Center (ICC), Selasa (12/9/2023)

Pertemuan yang dilakukan sebagai pembicaraan awal jelang kegiatan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran yang akan dilaksanakan oleh BPKP tersebut turut dihadiri Kepala BKD Kabupaten Indramayu, Woni Dwinanto, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Indramayu, Gunawan, serta Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappedalitbang Kabupaten Indramayu, Sukasa.

Dalam arahannya, Kepala BPKP Provinsi Jawa Barat, Samono memaparkan, sejalan dengan prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah, sasaran evaluasi dilaksanakan terhadap 5 sektor yaitu pengentasan kemiskinan, penurunan prevalensi stunting, peningkatan daya saing pariwisata, peningkatan ketahanan pangan, serta peningkatan daya saing UMKM.

Adapun tujuan dilaksanakannya evaluasi perencanaan dan penganggaran tersebut guna memperoleh gambaran umum perencanaan dan pengganggaran sektor yang dievaluasi, menganalisis ketepatan indikator dan target sasaran Pembangunan (ultimate outcome) atas sektor yang dievaluasi, serta menganalisis efektivitas program, kegiatan, subkegiatan/rincian output sektor yang dievaluasi.

Selain itu tujuan dilaksanakannya evaluasi adalah untuk menganalisis efisiensi rincian belanja subkegiatan/rincian sektor yang dievaluasi dan menyimpulkan potensi ketercapaian ultimate outcome sektor di evaluasi.

“Evaluasi ini kita laksanakan sebagai tindak lanjut dari arahan bapak presiden,” paparnya.

Lanjut Samono menerangkan, evaluasi dilaksanakan kepada seluruh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan efektivitas dan efisiensi belanja pemerintah sehingga bisa dinikmati langsung oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala BKD Kabupaten Indramayu, Woni Dwinanto menyampaikan pihaknya bersama jajaran akan senantiasa mendukung berbagai kebijakan yang dilaksanakan pemerintah pusat salah satunya evaluasi perencanaan dan penganggaran tersebut.

“Kami akan berupaya untuk memberikan dukungan terkait kelancaran kegiatan evaluasi tersebut,” pungkasnya. (FKR/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

TERBARU

D2
PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2023
IMG-20231010-WA0003
Bupati Nina Agustina: Edukasi Pangan dan Lingkungan Melalui Program PUSPA Masuk Sekolah
IMG-20231009-WA0028
Pameran Pembangunan, Discapil Layani Langsung Adminduk
IMG_20231009_112430
Keren, ASN Diskominfo Raih Juara 1 Inovasi Perangkat Daerah
IMG-20231009-WA0001
Bonsai Cantik dan Artistik Tersaji di Stan PPBI
Scroll to Top